Jumat, 05 Agustus 2011

Sejumlah Epigram oleh Goenawan Mohamad

Pagi Dan Hal-Hal Yang Dipungut KembaliPagi Dan Hal-Hal Yang Dipungut Kembali by Goenawan Mohamad

My rating: 5 of 5 stars


800th - 2011

Wow, tak terasa sudah mendekati target baca buku nonkomik tahun ini.

Meski bukunya tipis, isinya kumpulan epigram, dan font-nya besar-besar, waktu yang kuhabiskan untuk membaca buku ini terhitung lama dibandingkan bila membaca buku tipis lainnya. Karena setiap membaca satu epigram aku perlu waktu untuk merenungi, mengartikan makna kalimat bersayap, untuk kemudian tersenyum dan tertawa, atau malah menghabiskan waktu untuk menyampaikan kembali ke teman epigram yang dirasa menarik untuk di-share.

Sangat banyak yang bisa dikutip dan diulang dari buku ini, tapi cukuplah kucantumkan satu yang terkait hobiku membaca buku :

Buku mengisi jam-jam kita yang kosong dengan percakapan yang mungkin tak akan pernah selesai, tapi membuat kita tahu: kita hanyalah penafsir tanda-tanda, di mana kebenaran menerakan jejaknya. Itu sebabnya kata pertama yang menakjubkan adalah: "BACALAH".

Sama seperti jawaban yang biasa kuberikan bila ada yang bertanya "Kenapa sih suka banget membaca?": "Karena ayat pertama yang diturunkan Allah Swt kepada Rasulullah Muhammad saw adalah 'Bacalah'."



View all my reviews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar