Sabtu, 11 Februari 2012

Colin Firth (Lagi...?)

Oke... saatnya pengakuan dosa.

Benarkah kemarin aku menyukai karakter Mr. Darcy di Pride and Prejudice semata karena akting Colin Firth yang keren dan ceritanya yang setia dengan bukunya?

Gara-gara Colin Firth yang imut di P&P, aku mendownload filmnya saat ia masih lebih muda, Valmont (1989), yang disutradarai Milos Forman (Amadeus). Dan tentu saja... ehm, Firth juga tampak sangat adorable memainkan peran dengan karakter yang bertolak belakang dengan Mr. Darcy, yaitu sebagai Vicomte de Valmont, seducer flamboyan yang bisa membuat reputasi cewek baik-baik hancur hanya karena berada satu ruangan dengannya. Dan di film ini, ternyata sudah ada adegan basah-basahan juga seperti di P&P, saat Valmont sedang berusaha merayu Madame de Tourvel dengan pura-pura tenggelam di sungai, lantas pulang ke rumah dengan baju basah melekat di tubuhnya.

Masalahnya, walaupun ceritanya menarik, film Valmont ini adaptasi bebas dari novel Dangerous Liaisons-nya Pierre Chordelos de Laclos, jadi sulit kalau mau dibilang setia pada novelnya. Berbeda halnya dengan film Dangerous Liaisons (1988) yang disutradarai Stephen Frears, di mana peran Valmont diperankan oleh John Malkovich. Film ini sangat setia dengan novelnya, khususnya mengenai surat menyurat di antara tokoh-tokohnya, yang pada akhirnya akan menjadi bukti-bukti yang menjatuhkan Marquise de Merteuil (Glenn Close) di mata masyarakat.

Jujur saja, Dangerous Liaisons merupakan salah satu film favoritku. Jadi menonton Valmont, tentu saja aku jadi membanding-bandingkan, dan berdasarkan penilaian pribadiku, serta kesesuaian dengan cerita aslinya, Valmont kutempatkan di bawah Dangerous Liaisons.

Tapi di luar filmnya, berdasarkan persepsi pribadi, meskipun akting John Malkovich sempurna, aku lebih menyukai Valmont yang ini:


ketimbang yang ini:


Ha... jadi murni deh menjudge aktor berdasarkan tampang. How shallow I am. Sorry, John, habis Colin lebih imut sebagai Valmont sih, apalagi kalo lagi tengil dalam usaha merayu seperti ini :

                                          Valmont sebelum kejebur ke sungai

Tapi tentu saja, berdasarkan pendapat pribadi pula, Colin Firth lebih keren dan pantas bila memerankan karakter bangsawan seperti Mr. Darcy, Valmont, atau King George VI. Atau pengacara top seperti Mark Darcy. Pokoknya yang berbusana rapi dan klimis. Karena terus terang, aku tidak begitu suka tampang keriting acak-acakannya sebagai Nick Hornby Paul Ashworth di Fever Pitch (yang kudownload juga):


Bukan karena di situ dia jadi penggemar Arsenal loh...
*penggemar MU*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar